Selasa, 26 Mei 2009

It's a big deal for me

Di facebook banyak banget aplikasi2 yang nawarin kita untuk menjadi fans-nya sesuatu. Ketika ada aplikasi jadi Fans I love Allah atau I love mom, dengan gampang gue ng-klik si mouse untuk terdaftar menjadi fans. Namun pas ada aplikasi I love Dad, gue harus berpikir ulang menjai fans aplikasi itu, dan sampai tulisan ini diturunkan, gue masih enggan untuk nge-klik ntu aplikasi.

Dengan menjadi fans pada aplikasi itu, menurut gue itu salah satu tanda kalo kita bener memiliki persepsi yang sesuai dengan judul aplikasi itu. Ups, tapi bukan berarti kalo gue ga jadi fans ntu aplikasi gue ga memiliki persepsi yang sama dengan aplikasi itu, alias gue ga sayang bokap.

Gue sayang bokap kok. tapi dengan cara yang "berbeda" yang sesuai dengan apa yang telah diajarkan pada gue.

Gue suka iri ama anak-anak yang disayang banget ama bapaknya, yang bisa mpe curhat2an, yang bisa bertukar pikiran, ga kasar, dan ga pelit.

Kesadaran gue muncul tentang bokap gue sebenernya sayang ama gue walopun caranya beda, ya..itu setelah melalui proses perenungan yang panjang dan bertukar pikiran dengan teman2 yang sekiranya punya bokap yang hampir setipe.

Cara dia mendidik gue, menyayangi gue, menurut gue berpengaruh banget sama pembentukan karakter diri gue.

Misalnya aja tentang kemandirian. Walopun gue belum mandiri secara finansial, tapi disegala bidang kehidupan gue, gue tuh udah mandiri bgt. Ampe nyokap gue bilang "kamu tuh jangan terlalu mandiri" Lho? padahal dia yang nyuruh gue mandiri juga.

Kemandirian inilah yang juga -menurut gue- berkontribusi untuk menciptakan gue sebagai orang yang lack of emotional dan kurangnya kepekaan sosial.

Pernah nyokap gue telpon terus ngambek2 gitu sambil nanya kenapa gue ga pernah nelpon ato sms doi, terus dia nanya, sebenernya gue kangen ga sih ama dia. Yah kangen sih, tapi menurut gue, gue harus maniri dari rasa kangen ini, tapi kok solusinya malah ga nelpon yah hehehe?

Habisnya kalo menurut gue nelpon yang tidak bertujuan ke ortu itu tuh tindakan manja. Ga mandiri.

Yup, sampe di sini pola pikir gue udah salah total!!Hohohoho,,,,

gue juga jadi bermasalah ama kepekaan sosial gue, ga tahu deh nih penyakit dari mana. Gue baru bisa peduli ama orang, kalo tuh orang beneran nunjukkin kepedulianya ama gue secara tulus, ato pun bilang secara langsung ama gue kalo gue diminta untuk memperhatikan, memedulikan, dan mencintai orang lain.

Ternyata pola asuh mempunyai rentetan panjang yah pada tumbuh kembang seorang anak.
Dari sini gue berkesimpulan untuk para ibu2-bapak2 ato pun yang masih calon, untuk mulai memperhitungkan segala sikap, sifat, perilaku yang akan ditunjukkan ke anak2nya, karena itu akan sangat mempengaruhi si anak kelak.

Tidak ada komentar: