Sabtu, 07 Maret 2009

KERETA

Suatu hari gue pernah nonton pertunjukannya Peppermoon..*Aduh gue lupa tulisannya gimana*..

Jadi peppermoon adalah sebuah teater boneka. Boneka yang dimainkan dengan cara menempelkan tubuh boneka ke tubuh para aktris, yang kemudian digerakkan sesuai skenario yang telah ditentukan.
Waktu itu cerita yang ku tonton merupakan adegan yang terjadi dalam satu kereta. Aku begitu terkesan dengan ceritanya. Bukan hanya ditampilkan secara apik, tapi kita juga bisa mempelajari nilai-nilai kehidupan yang lain.
Lepas dari pertunjukkan maupun grup theater tersebut, aku tanpa sengaja membuat cerita ku di dalam sebuah kereta. Mendapatkan pelajaran mengenai nilai2 kehidupan? Yeah..little bit.
Naik kereta ekonomi, di sinilah gue merangkai cerita itu. Mengapa gue pilih kereta ekonomi? Menurut gue di sana pasti banyak keberagaman. Kemudian menjadi sangat terkejut ketika perkiraan ku itu benar. Sedangkan alat transportasi lain -kecuali bus dan travel, karena aku belum pernah menaikinya untuk pulang ke jakarta- aku mendapat cerita yang datar.
Misalnya di pesawat, yah aku hanya harus membayar ongkos yang lebih mahal beserta boarding passnya, waktu tempuh sangat singkat, bisa melihat keindahan debur ombak yang kecil dari angkasa, merasa terguncang karena melewati awan putih yang tebal, dan kupingku menjadi sangat sakit ketika akan mendarat!! Yang ku suka dari alat ini, bisa menawarkan kecepatan berpindah dari tempat satu ke tempat yang lain dengan handal.
Kalau kereta eksekutif, menawarkan waktu tempuh yang bikin pantat tepos. Enaknya, bisa bayar lebih murah dibandingkan pesawat, ada AC nya jadi ga perlu takut saat berpanas2an,lumayan dingin kalo jalannya malam hari, dapat snack, and teh. Udah gitu doank. Kenalan dengan teman sebangku?jarang..Ga heran sih, namanya juga masyarakat individualis.
Kereta bisnis. Jarang gue naikin, kecuali kalo lagi ga ada duit, tapi ga mau empet2an sama orang banyak. Pedagang asongan banyak, tapi ga separah kalo di ekonomi.Keistimewaan? NOL.
Nah, ini dia nih. Kereta ekonomi yang pingin gue ceritain. Temen2 gue selalu heran kalo gue naik kereta ekonomi, apalagi gue cuman cewek, sendirian lagi. Yang cowok aja ga berani!!! Yah mereka memang pengecut...
Udah tiga kali gue naik kereta ini dari jogja ke jakarta. Biasanya gue mau naik, kalo bukan hari libur, barang bawaan sangat sedikit, ga ada duit, pingin ngerasain pengalaman baru, dan gue yakin gue bakal tempat duduk dan penumpangnya masih bisa ditolerir.
Gue ga pernah mau naik kendaraan ini dari jakarta ke jogja. Gue membayangkan pasti manusia bakal berjejalan di dalamnya layaknya ikan sarden, banyak copet, asap rokok di mana-mana, apalagi kalo perjalanannya siang hari,,,beuh makin sumpek aja!!!
Sialnya, gue harus ngalamin hal yang baru aja gue sebutin!!Terpaksa sebenarnya, karena duit lagi mepet, harus balik ke jakarta lagi, dan bneran ga ada pilihan lain lagi.
Dan apa yang terjadi di dalam kereta itu lebih mengerikan dari apa yang gue bayangkan. Sebenernya gue dapet bangku buat duduk. Namun pas gue samperin ternyata bangku gue udah didudukin sama satu keluarga dengan dua anaknya. Gue udah jiper aja kalo nomor yang sama bisa dimiliki sama dua orang. Tapi gue juga ga mau berdiri dua belas jam! bisa naik betis gue..
Akhirnya ada bapak yang nanyain gue, nomor berapa bangku gue, gue bilang 15D. Terus tuh bapak bilang ke keluarga itu untuk memberikan kursinya kepada yang hak. Gue tahu keluarga itu agak ga enak hati ama gue, gue sih juga ga maksa buat mereka pergi dari situ. Kasian gue bo..
Eh ternyata si bapak dari anggota keluarga tersebut berdiri dan kasih kursinya ke gue. Gue beneran ga enak. Tapi gue juga ga mau BERDIRI SELAMA 12 JAM!!akhir nya gue ambil tuh tempat duduk dengan berat hati...
pedagang lalu lalang, tapi jumlah manusia yang ada di kereta itu masih berdesir. Selanjutnya berusaha mengisolasi diri dengan membaca buku. Sialnya! baru berangkat, gue udah ngerasa kebelet. Walopun belon kebelet parah, dan gue juga lupa makan...alhasil ampe jogja perut gue keram abis!!
Keadaan makin parah di stasiun cirebon!! dan di stasiun mana lagi gitu...
manusia nya udah bejubel, asap rokok dimana-mana, susah nafas, pengap, ga ada udara segar yang mengalir, kereta berhenti lama banget gara2 harus ganti gerbong, keringet udah ngucur ke mana2 menciptakan bau badan yang khas..
POKOKNYA SEMUA PENDERITAAN LENGKAP BANGET DEH...gue pingin nangis terus teriak ANJRIT!!!!!! terutamaa buat para perokok sialan itu. Ga mikir apa yah? udah pengab gini oksigen kurang, bisa2nya dia ngirup nikotin. Kalo mo masuk ke liang kubur dengan otak di lutut mu ya jangan ajak2 orang lain duonks...
Paru2 ku sabar yah...baru kali ini gue ngerokok selama kurang lebih 14 jam! Hebat..
Cerita lain yang gue dapet yakni gue terserang virus penis envy dengan makana yang sebenar2nya dan seharfiah2anya.. Gimana ga? Orang2 yang ada di sekitar gue ngomongin keadaan mereka yang kebelit pipis. salah satu dari mereka bilang "kalo cowok mah enak, bisa masukin botol Aqua, atau lobang mizone yang kegedean...Nah cewek?"
Dalam, hati gue berteriak "DIAM!!!" gue jugaa pingin pipis nih. Bikin iri aja sih. Kalo loe emang baik mending loe pinjemin tuh penis deh ke gue..biar gue juga bisa pipis!
Berhubung ga ada tempat pipis, bahkan toilet pun dijadiin tempat orang buat saking bejubelnya manusia, gue nahan ampe ke ramanet. Dan total waktu untuk menahan hasrat ingin pipis ini selama 14 jam!!

kenapa gue ga pipis di lempuyangan aja? sial kembali menghampiri ku teman. Toiletnya lagi direnovasi. Jadi ga ada toilet yang buka!! DAMN IT!!!!!!
Ya sudahlah, tapi dikarenakan menahan pipis ini, gue jadi malem minum. Makan pun juga males, karena kalo makan pasti minum, kalo minum makin tambah kebelet. Tapi gara2 ga makan itulah perut gue jadi keram luar biasa...
Haduh...gue beneran ga kuat.
Cerita lain yang gue dapet ada orang yang bisa dialek dengan bahasa sunda, madura, jawa, dan sedikit sumatra, padahal dia Asli kerawang. Hebat!!
Apalagi yah...oh ya, jadi ada ibu yang jualan pop mie. Dia nikah umur 15 tahun. Dan gue shock banget ketika tahu kalo dia sekarang masih 19 tahun dengan kondisi rumah tangga sudah cerai. Heh?
Ok, banyak temen2 gue yang bilang kalo dikampung cewek nikah muda itu wajr. Tapi berhubung selama ini gue dapet berita itu selalu dari orang kedua jadinya gue masih biasa. Tapi pas gue tahu langsung dari orangnya serasa disambar geledek!!
Dia cerai gara2 suaminya tukang pukul, ga kasih nafkah, pokoknya tipe cowok yang sangat ga bertanggungjawab yang layak buat dibuang ke laut...
bahkan suaminya itu suka main cewek lho!!
Cerita yang hampir mirip datang dari ibu yang duduk disamping gue. Tetangganya yang cerai sama suaminya gara2 si suami biadab itu main cewek. Nah,, kemudian dia nikah lagi ama orang yang ngaku duda. TERNYATA SI DUDA ITU BELON CERAI DAN MASIH PUNYA ANAK 7. DAN ALHASIL PAS SI TETANGGANYA INI HAMIL, SI SUAMI MENCERAIKANNYA DAN GA PERNAH DI KASIH NAFKAH LAGI....Kacau, gue makin percaya kalo di dunia ini ga ada cowok yang baik lagi.
si ibu yang jualan pop mie bilang "laki2 emang playboy yah....!" dalam hati gue bersorak-sorai membenarkannya...Tapi berhubung gue lagi ga berminat menjalin hubungan sosial dikarenakan kondisi gue yang udah semaput, jadinya gue hanya menampilkan ekspresi wajah yang datar2 saja.
Si bapak yang mengusai banyak dialek tadi langsung membela diri "ah, ga juga. buktinya saya, laki2 setia..."
Heh? yakin?
Kalo diperhatiin para pedagang secara perlahan berubah bahasanya. dari yang tadinya berbicara dalam logat jakarta campur sunda, berangsur-angsur berubah jadi bahasa jawa. bahkan terkadang campur misalnya
Awewe kabeh atau cewek semua, yang merupakan perpaduan antara bahasa sunda dan jawa..huhuhu..lucu2...
Perjalanan ini berhenti pada pukul 2.30 pagi. Padahal dari jakarta gue berangkat jam 12.30 siang!!Nyampe jogja, tadinya gue pingin ke tempat temen. Tapi ga enak bangunin dia. Alhasil gue pergi ke warnet sekalin ngecek facebook, pesen makanan di deket kostan gue.
Dari luar stasiun lempuyangan tadinya gue pingin naik ojek. Tapi bapak2nya belagu. Masa' dia min 20rb buat nganter ke kentungan doanks! Padahal, bensin yang digunain buat anter gue ga nyampe satu liter. Maruk emang ini orang. Alhasil gue jalan aja ke arah jembatan layang, sapa tahu dapet ojek murah...
Nah, di tengah jalan gue dicegat ama abang2 becak, yang dengan gigih menawarkan jasa. Alhasil, gue tantangin aja. dengan nanya kalo ke kentungan berapa harganya? dia bilang 15rb...widih? ga salah nih?lebih murah lima ribu, dan menurut gue wajar aja sih haarga segitu, apalagi dia mengayuh becak. Tapi dengan biadapnya gue tawar lagi jadi 12rb. Dia ternyata minta naik seribu...transaksi pun deal!!
Ga nyangka nih orang beneran tulus ngerjain pekerjaannya. Gue doain dia dapet banyak rezeki. Menikmati malam jogja enak lho!!apalagi pake becak, anginnya silir, dan dengan seksama kita bisa liat aktivitas apa aja yang terjadi pada jogja di pagi buta.
Gue berharap bisa liat yang aneh2, ntah itu dari perilaku manusia atau dari yang "lainnya" hohoho...
Sayangnya mas2 banci pasti lagi pada di pake, mbak2 PSK juga. yang "lainnya" udah mau bobo lagi kayaknya.hohoho kan mau siang.
Gue sempet kaget pas ada suara heboh dari gedung pusat. Eh ternyata di situ lagi ada panggung, ga tahu persiapan untuk apa. Panggungnya itu ada di pelataran sayap utara...
Dan sekarang gue terdampar di warnet..sambil kentat-kentut masuk angin..sori ya bikin AC nya bau hohoho...


Tidak ada komentar: