Minggu, 23 Desember 2007

mErinDukaN pasar bau pOndoK geDe

KAGET!!!!! itulah hal pertama yang gue rasain pas tahu sang pasar bau ntu diratakan dengan tanah. Ternyata selama gue cabut ke jogja selama dua bulan, udah banyak banget yang berubah.
Gue yang sok' idealis tentunya langsung mengeluarkan celotehan..."kacian banget! trus mereka jualan di mana? emangnya mereka enggak butuh makanan lagi ya?" (ya butuh lha gUObLoK!!)

Dan kamu tahu hal apa yang ngebuat gue makin sYOK BERAT?!

ternyata...tuh pasar....mau disulap.....jadi....MAL!!!! *JENG...JENG....JENG....jeng....* (backsound).

ok...sampe titik ini gue bingung mau berkomentar apa. Izinkanlah aku mengatur benang-benang myelin yang kusut di otak ku.

*setelah 20 jam kemudian*

TinTa....!!!!!! ya Allah...kok bisa sih oknum-oknum biadab itu menghancurkan pOndE (pondok gede) ku. Belon puas apa? ngebuat ntu pondok gede jadi tempat termacet di seluruh bekasi?
gara-gara pembangunan yang tak terkendali dan tak terencana, hanya untuk memuaskan perut2 buas nan busuk. Bahkan bau-nya lebih busuk dari pasar tradisional yang sekarang udah tinggal nama.

yang enggak gue habis pikir, belon cukup apa, ntu hypermart segede bagong di bangun? mending kalo murah. ama carrefour aja masih kalah murah...apalagi ama naga.

Mau tahukah kalian, mal yang akan dibangun seperti apa? katanya sih bakal dibikin kayak tanah abang gitu. jadi pusat perbelanjaan grosiran, tapi pw karena ada ac-nya. (buset! bikin global warming tambah parah aja).

Ok! tuh pasar memang bau banget! nyebelin malah. Ditambah lagi sampahnya jarang dikelola dengan BENAR. Namun tuh pasar bisa mengakomodasi berbagai kebutuhan, baik dari pihak penjual, maupun pihak pembeli, khususnya pembeli yang berasal dari golongan bawah. Emang sih lokasinya di tengah2 gitu, yang bisa bikin macet...cet...cet...pas pagi hari. Namun gue yakin, pasti ada cara yang tepat buat mengelolanya.

Terus para penjualnya, pada nyari sebutir nasi di mana lagi? mengatasi masalah ini, pemda setempat mindahin tuh pasar tradisional di deket BBC. jalan yang mengarah ke bekasi. pokoknya dilewatin ama angkotan k-02 deh...Namun apakah itu menjawab persoalan yang muncul?

TIDAK, jawabku. tempat baru yang ditawarkan, kurang strategis untuk dijadikan pusat perdagangan. Kalo gue bilang sih, bener-bener melanggar tata kota. Buat di pihak pembeli, contohnya nyokap gue aja deh...dia jadi ribet buat nyari penjual bahan pokok yang udah jadi langganannya....dan yang bikin gue sebel...nyokap gue dengan terpaksa nge-beli barang2 yang ada di hypermart dengan harga rata2 3000 lebih mahal daripada carrefour! kasian tahu ngeliat nyokap yang hanya punya gaji seiprit. kalo dipasar tradisional, 10ribu dia udah dapet sembako macem2. kalo di hypermart? Beuh...boro2!!!mahal euy...

ternyata! virus kapitalisme semakin merasuk ke dalam sendi kehidupan, merusaknya dengan biadab, dan perlahan membuat kita mati di dalamnya.

Tidak ada komentar: